PTK IPA KELAS 1 Gerak Benda KTSP
Cuma 350ribu sampai-500ribu.
Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Kualitaspendidikanmeliputidiberbagaisektordanjenjangpendidikan,
termasukjenjangpendidikandasar.Keberhasilanpendidikanbanyakdipengaruhiolehberbagaifaktortermasuk
guru. Guru yang
profesionalakanselaluberupayauntukmeningkatkanpemahamansiswaterhadapmateri yang
diajarkan. Hal inisejalandengantujuanpendidikannasional yang
dirincisebagaiberikut :
1. Mendidikadalahusahasadaruntukmeningkatkandanmenyiapkanpesertadidikmelaluikegiatanbimbingan,
pengajarandanataulatihanbagiperannyadimasa yang akandatang.
2. Pesertadidikadalahanggotamasyarakat
yang berusahamengembangkan din melalui proses
pendidikanpadajalurdanjenjangpendidikantertentu.
Pesertadidikadalahanggotamasyarakat yang berusahamengembangkan din melalui proses
pendidikanpadajalurdanjenjangpendidikantertentu. (NgalimPurwanto, 1997: 42)
Dalamupayameningkatkan proses belajar, guru
harusberupayamenciptakanstrategi yang cocok, sebabdalam proses belajarmengajar
yang bermakna, keterlibatansiswasangatlahpenting,
halinisesuaidenganpendapatMuhamad Ali, (1983 : 12) yang
menyebutkanbahwakadarpembelajaranakanbermaknaapabila :
1. Adanyaketerlibatansiswadalam
proses belajarmengajar.
2. Adanyaketerlibatanintelektual-emosionalsiswabaikmelaluikegiatanmenganalisa,
berbuatdanpembentukansikap.
3. Adanyakeikutsertaansiswasecarakreatifdalammenciptakansituasi
yang cocokuntukberlangsungnya proses belajarmengajar.
Berkenaandenganhaltersebut di atas,
metodademontrasidalampembelajaranakanlebihbermakna,
sebabdenganmenggunakanmetodademontrasisiswaakanterlibatsecaralangsungdalam
proses pembelajaran.
Mata pelajaran IPA merupakansalahsatumatapelajaran yang
diajarkan di sekolahdasar, danmerupakanhasilkegiatanmanusiaberupapengetahuan,
gagasandankonsep yang terorganisasitentangalamsekitar, yang
diperolehdaripengalamanmelaluiserangkaian proses ilmiahantara lain
penyelidikan, penyusunandanpengujiangagasan-gagasan.
Kehadiranmetodademontrasidalampembelajaran IPA
akanlebihmempermudahbagi guru dalammenyampaikanmateri yang
akandiajarkankepadasiswa.
Berdasarkanhasilrenungan yang
penulislakukansetelahmelaksanakanpembelajaran IPA tentanggerakbenda, yang
dilanjutkandenganevaluasi, tetapihasilnyatidakmemuaskan, makapenulissebagai
guru kelasmenyadaribahwakesalahanberadapada guru bukanpadasiswa, antara lain
pembelajaranberpusatpada guru,
keterlibatansiswadalampembelajarankurangadakesempatanuntukterlibatlangsungdalam
proses pembelajaran yang mengakibatkansiswapasifdanhasilevaluasi dari 34 siswa
hanya 4 siswa atau hanya kurang lebih 11% siswa yang nilainya memenuhi standar
KKM yaitu 70. Sedangkan rata-rata nilai anak-anak adalah 53,52 yang berarti
dibawah standar KKM.Berlatarbelakangdaripermasalahantersebut,
dipandangperlumelaksanakanPenelitianTindakanKelas, sebabPenelitianTindakanKelasmerupakansuatupenelitian
yang bertujuanuntukmemperbaikidanmeningkatkanmutupembelajaran yang bersifat
individual danluwes. (KasihaniKasbolah, 1998:22).
Jadi dasar dari penggunaan metode
demonstrasi ini adalah untuk meningkatkan prestasi siswa yang belum bisa meraih
KKM IPA, karena metode yang digunakan sebelumnya hanya metode biasa yang kurang
efektif dan menyenangkan. Sehingga mengakibatkan siswa kurang bisa secara aktif
dan efektif menerima pengajaran dari guru. Dengan metode demonstrasi ini
diharapkan siswa lebih terlibat langsung dalam pemaparan materi sehingga
membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran.
B. PerumusanMasalah
Berdasarkanidentifikasimasalah yang
dijadikanfokuspenelitianadalahmeningkatkanpemahamansiswatentanggerakbenda yang
selamainidianggapsulitolehsiswa.
Untukmemudahkandalampelaksanaanpenelitian,
rumusanmasalahdiperincisebagaiberikut :
a. Bagaimanakahperencanaanpembelajaranmenggunakanmetodademontrasiuntukmeningkatkankemampuansiswatentanggerak benda
b. Bagaimanakahpelaksanaanpembelajaranmenggunakanmetodademontrasidalammeningkatkankemampuansiswatentanggerak benda
c. Bagaimanakahkemampuansiswadalamgerakbenda
C. TujuanPenelitian
a. Inginmengetahuidanmemahamirencanapembelajaran
IPA tentanggerakbendaMetodademontrasi
di KelasI SDNegeri2 Balak.
b. Inginmengetahuidanmemahami proses
berlangsungnyapembelajaran IPA dalamperubahanbendaberdasarkanmakanannya di
KelasI SDNegeri2 BalakdenganmenggunakanalatperagaMetodademontrasi.
c. Inginmengetahuikemampuandankelemahansiswa
di KelasI
SD Negeri2 BalakdalamkonsepperubahanbendaberdasarkanmakanannyasetelahpembelajaranmenggunakanalatperagaMetodademontrasi.
D. HipotesisPenelitian
Hipotesis adalahdugaantentangsuatuhal yang
akanterjadijikasuatutindakandilakukan, ataujawabanterhadapsuatumasalah yang
ditelitidansecarateoritisdianggapmungkindan paling tinggitingkatkebenarannya
(Sudarsono, 1996:65).
Berdasarkanhaltersebut di atas,
makahipotesisdalampenelitianiniadalah "Hasil belajar siswatentanggerak bendaakanmeningkat, jikapembelajaranmenggunakanmetodademontrasi".
E. Ruang Lingkup Penelitian
Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan pada satu kelas, yaitu kelas 1 SDN 2 Balak,
pilihan ini didasarkan pada pembelajaran yang sebelumnya kurang memenuhi
standar KKM (70), dari 34 siswahanya 4 siswa yang memenuhi standar KKM tersebut
dengan nilai rata-rata 53,52. Maka metode demonstrasi akan digunakan dikelas
ini untuk memperbaiki nilai KKM mereka. Karena metode demonstrasi lebih menitik
beratkan pada praktik dan keterlibatan siswa secara langsung dalam
pembelajaran.
F. ManfaatPenelitian
Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun aplikatif. Secara teoritis
dapat meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran IPA, memberikan sumbangan
pemikiran dalam pengembangan ilmu pengetahuan mengenai pembelajaran dengan
metode demonstrasi, serta sebagai pendorong bagi peneliti lanjut untuk
melakukan penelitianyang lebih baik dan mendalam terhadap permasalahan yang
sama sebagai tindak lanjut penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat bagi
peneliti, siswa, kepala sekolah, dan guru. Penjelasan masing-masing sebagai
berikut.
1.
Bagi peneliti
Memberikan banyak pengalaman dan pengetahuan baru tentang
fenomena yang terjadi pada siswa, sehingga menjadikan peneliti mudah untuk
menyajikan dan memberikan metode yang penting dan menyenangkan dalam proses
belajar mengajar dikelas.
2. BagiSiswa
1) Dapatmenguasaikonsep
yang dipelajaraidantidakperbalisme.
2) Dapatmenumbuhkanmotivasiuntukmempelajari
IPA.
3) Dapatmenumbuhkansikappositifsiswaterhadapmatapelajaran
IPA.
3. Bagi
Kepala Sekolah
Dapat
mengembangkan potensi guru dalam mewujudkan proses pembelajaran dikelas yang di
bimbing oleh Kepala Sekolah, sehingga memudahkan Kepala Sekolah untuk
mewujudkan Sekolah yang berprestasi.
4. Bagi Guru
1) Dapatmemberikanpengalaman
yang sangatberhargadalamupayameningkatkankualitaspembelajaran IPA.
2) Dapatmemberikangambarankemampuansiswadalammemahamibahan
ajar/materitentangkonsepgerakbendaberdasarkanmakanannyadenganmempergunakanalatperagaMetodademontrasi.
G. Definisi Operasional
Definisi operasional diberikan untuk
menghindari kesalah fahaman terhadap istilah- istilah yang digunakan dalam
dalam penelitian ini, maka dibuat definisi sebagai berikut.
1.
Prestasi adalah suatu pencapaian dari
siswa yang memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh guru, dan
telah dapat atau melampui standar yang telah guru berikan.
2.
Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu alam
yang didasari oleh sesuatu kenyataan alam, yang muncul dari suatu keingintahuan
dari proses yang terjadi pada kehidupan sehari-hari yang banyak menimbulkan
fenomena-fenomena alam yang terjadi secara berkesinambungan, oleh karena itu.
dilakukanlah riset untuk membuktikan fenomena-fenomena tersebut dalam bentuk
ilmu pengetahuan.
3.
Gerak benda didefinisikan sebagai
perpindahan suatu benda dari tempat semula ketempat lain karena adanya suatu
gaya yang menggerakkannya, dalam hal ini ada beberapa cara menggerakkan benda
yaitu dengan cara ditarik, di dorong, dilempar, ditendang dan lain sebagainya.
4.
Metode Demonstrasi adalah metode
pengajaran yang dilakukan dengan cara memperagakan suatu benda dengan
menjelaskan secara verbal agar materi yang disampaikan mudah difahami.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar