Sabtu, 03 Juni 2017

LAPORAN HASIL PENELITIAN PTK BAHASA INDONESIA SD

LAPORAN HASIL PENELITIAN PTK BAHASA INDONESIA SD

Cuma 350ribu sampai-500ribu. 


Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Kondisi yang dihadapi penulis di SD Negeri ............... dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester 2 tahun pelajaran 2012/2013, menggambarkan bahwa kemampuan membaca siswa masih rendah. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2. Dari 30 siswa, hanya 12 siswa yang mendapatkan nilai > 6,5 sedangkan 18 siswa mendapat nilai < 6,5 dalam tes membaca.
Tabel 1.1
Kumulasi Nilai Kelancaran Membaca Siswa kelas II SD Negeri ...............
No Kriteria Nilai Jumlah Siswa Prosentase
1 Tuntas > 6,5 12 41,18%
2 Belum Tuntas < 6,5 18 58,82%
Jumlah 30 100%
Melihat hasil membaca siswa yang kurang baik tersebut, peneliti mencoba mencari tau penyebabnya. Salah satunya dengan menyebarkan angket kepada siswa yang berisi pertanyaan tentang pembelajaran mereka di kelas. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd. Tujuannya untuk mengetahui cara pembelajaran yang di lakukan oleh guru. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 1.2
Data kumulasi hasil angket siswa
No Pernyataan Jumlah Siswa
Ya Tidak
1 Guru selalu bersikap ramah kepada siswa 20 10
2 Guru selalu menggunakan alat peraga bervariasi 6 24
3 Guru selalu memberikan contoh dalam membaca 18 12
4 Guru menyampaikan materi dengan menarik 4 26
5 Guru menyampaikan materi dengan jelas 6 24
6 Guru memberikan perhatian yang sama terhadap semua siswa 15 2
7 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
Bertanya 28 2
8 Metode mengajar yang digunakan guru bervariasi 10 20
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia ; 234, dikatatakan bahwa kartu huruf adalah kertas yang tidak seberapa besar bertuliskan huruf, jika disusun dapat membentuk kata yang bermakna yang dapat membantu mengeja dalam membaca. download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 word.
Berdasarkan fakta dan pendapat ahli diatas, maka peneliti mencoba mengubah pelaksanaan pembelajaran terutama penggunaan alat peraga. Salah satunya yaitu dengan memperkenalkan kepada siswa berbagai macam alat permainan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Alat permainan yang digunakan peneliti adalah kartu huruf. download proposal ptk bahasa indonesia sd. Dengan penerapan metode permainan kartu huruf ini, diharapkan akan bisa membantu meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Hal-hal tersebut di atas yang menjadikan alasan mengapa penulis mencoba menerapkan penggunaan media permainan kartu huruf untuk meningkatkan kelancaran membaca siswa kelas II semester 2 SD Negeri ............... tahun pelajaran 2012/2013.
1.2 Permasalahan Penelitian
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti megambil judul “ Upaya Meningkatkan Kelancaran Membaca dan Keaktifan Siswa Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Semester 2 SD Negeri ............... Tahun Pelajaran 2012/2013. contoh ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
Berdasarkan judul tersebut penel iti dapat mengidentifikasikan permasalahan sebagai berikut
1. Prestasi membaca siswa rendah atau dibawah KKM sekolah.
2. Guru kurang memaksimalkan alat peraga dalam pembelajaran.
1.2.1 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang dan permasalahan dalam penelitian di atas, maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian sebagai berikut: contoh  ptk kelas 2 sd bahasa indonesia lengkap.
1) Bagaimana perhatian siswa saat pembelajaran?
2) Apakah kelancaran membaca siswa masih rendah?
3) Apakah guru sudah menggunakan alat peraga yang menarik?
4) Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih rendah?
1.2.2 Pembatasan Masalah
Pembatasan masalahdiperlukan agar penelitian lebih efektif, efisien dan terarah. Adapun hal-hal yang membatasi masalah dalam penelitian ini adalah:
1) Peneliti hanya meneliti siswa kelas II SD Negeri ............... Kecamatan ............... mata pelajaran Bahasa Indonesia semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2.
2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah bermain dengan kartu huruf.
1.3. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah di uraikan di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah;
“Apakah penggunaan alat peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa kelas II SD Negeri ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013”.
1.4. Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kelancaran membaca dan keaktifan siswa menggunakan alat peraga kartu huruf siswa kelas II SD Negeri ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.download proposal ptk bahasa indonesia sd doc.
1.5. Manfaat Penelitian
1) Manfaat Teoritis
Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan teori tentang cara meningkatkan kelancaran membaca siswa dengan menggunakan alat peraga kartu huruf bagi siswa kelas II semester 2 SD Negeri ............... Kecamatan ............... Kabupaten ............... Tahun Pelajaran 2012/2013.
2) Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
Dapat membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca melalui penggunaan alat peraga kartu huruf. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd.
b. Bagi Guru
Dapat meningkatkan potensi terutama kreatifitas guru dalam menggunakan alat peraga yang menyenangkan dengan menggunakan beberapa pola permainan yang terarah yang dapat meningkatkan kekancaran membaca siswa.
c. Bagi Sekolah
Dapat digunakan sebagai acuan yang dapat memotivasi teman sejawat untuk mengembangkan wawasan profesional.download ptk bahasa indonesia sd kls 2.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar