Sabtu, 03 Juni 2017

PTK INDONESIA SD KELAS 5

PTK INDONESIA SD KELAS 5 

Cuma 350ribu sampai-500ribu. 


Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)

 

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD KELAS 5-Banyak permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran, yang salah satunya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (BI). Materi BI kelas V SD tentang “ menyusun kerangka sebuah karangan”, ternyata masih banyak siswa yang mengalaini kesulitan memahaininya. Hal inilah yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian. Contoh ptk bahasa indonesia sd pdf
Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyusun karangan pada siswa kelas V SDN ........Kecamatan ........Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dua kali pertemuan dengan waktu pertemuan masing-masing 2x35 menit..
Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan penilaian selama dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil observasi dicatat sebagai catatan bebas. Data mengenai nilai siswa disaring melalui hasil tes, soal dibuat sendiri oleh guru. Data hasil tes ini diperlukan untuk mengetahui hasil pembelajaran.
Analisa data penelitian diolah dengan analisa deskriptif sebagai berikut :Lembar observasi. Data hasil observasi diolah secara deskriptif untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran selama tindakan dilakukan. Tes Hasil pembelajaran siswa Hasil pembelajaran siswa tampak pada perolehan nilai siswa pada setiap tes yang diberikan guru disetiap siklus. Data diolah dengan analisa deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata siswa dan nilai rata-rata kelas serta presentase nilai siswa yang diatas KKM.
Penggunaan Metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan nilai siswa pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V semester I SDN ........Kecamatan ........Kabupaten ........tahun ajaran 2011/2012, hal ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai yakni dari 38% sebelum siklus, meningkat menjadi 64 % pada siklus I dan 90% pada siklus 2. Peningkatan skor minimal dari 40 pada sebelum siklus, menjadi 50 pada siklus 1, dan men jadi 60 pada siklus 2. Peningkatan skor maksimal dari 90 pada sebelum tindakan, 90 pada siklus 2 dan menjadi 100 pada siklus dua. Terjadi pula kenaikan nilai rata-rata kelas .jika pada pra siklus nilai rata-rata yang dicapai adalah 68 lalu meningkat menjadi 74,5 pada siklus I , menjadi 82.5 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan nilai belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V semester I SDN ........Kecamatan ........Kabupaten ........tahun ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan nilai.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SD yang diberi judul "
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYUSUN KARANGAN 
BERDASARKAN RANGKAIAN GAMBAR SERI MELALUI METODE 
PENUGASAN DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS V 
SDN ........SEMESTER 1 KECAMATAN
........ KABUPATEN ................
TAHUN 2011 / 2012
"
. Disini akan di bahas lengkap.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar