PTK INDONESIA SD KELAS 5
Cuma 350ribu sampai-500ribu.
Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INDONESIA SD KELAS 5-Banyak
permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran, yang salah satunya
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (BI). Materi BI kelas V SD tentang “
menyusun kerangka sebuah karangan”, ternyata masih banyak siswa yang
mengalaini kesulitan memahaininya. Hal inilah yang mendasari penulis
untuk melakukan penelitian. Contoh ptk bahasa indonesia sd pdf
Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah jenis
Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kemampuan menyusun karangan pada siswa kelas V SDN ........Kecamatan
........Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dua kali pertemuan dengan
waktu pertemuan masing-masing 2x35 menit..
Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi dan penilaian selama
dan sesudah pembelajaran berlangsung. Data hasil observasi dicatat
sebagai catatan bebas. Data mengenai nilai siswa disaring melalui hasil
tes, soal dibuat sendiri oleh guru. Data hasil tes ini diperlukan untuk
mengetahui hasil pembelajaran.
Analisa data penelitian diolah dengan analisa deskriptif sebagai berikut
:Lembar observasi. Data hasil observasi diolah secara deskriptif untuk
memperoleh gambaran proses pembelajaran selama tindakan dilakukan. Tes
Hasil pembelajaran siswa Hasil pembelajaran siswa tampak pada perolehan
nilai siswa pada setiap tes yang diberikan guru disetiap siklus. Data
diolah dengan analisa deskriptif untuk mengetahui nilai rata-rata siswa
dan nilai rata-rata kelas serta presentase nilai siswa yang diatas KKM.
Penggunaan Metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan nilai siswa
pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menyusun
karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V semester I SDN
........Kecamatan ........Kabupaten ........tahun ajaran 2011/2012, hal
ini ditunjukkan oleh kenaikan nilai yakni dari 38% sebelum siklus,
meningkat menjadi 64 % pada siklus I dan 90% pada siklus 2. Peningkatan
skor minimal dari 40 pada sebelum siklus, menjadi 50 pada siklus 1, dan
men jadi 60 pada siklus 2. Peningkatan skor maksimal dari 90 pada
sebelum tindakan, 90 pada siklus 2 dan menjadi 100 pada siklus dua.
Terjadi pula kenaikan nilai rata-rata kelas .jika pada pra siklus nilai
rata-rata yang dicapai adalah 68 lalu meningkat menjadi 74,5 pada siklus
I , menjadi 82.5 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dengan menggunakan metode Penugasan dan latihan dapat meningkatkan
nilai belajar siswa pada mata pelajaran pelajaran Bahasa Indonesia
pokok bahasan menyusun karangan berdasarkan rangkaian gambar seri kelas V
semester I SDN ........Kecamatan ........Kabupaten ........tahun ajaran
2011/2012 dapat meningkatkan nilai.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA SD yang diberi judul "
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYUSUN KARANGAN
BERDASARKAN RANGKAIAN GAMBAR SERI MELALUI METODE
PENUGASAN DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS V
SDN ........SEMESTER 1 KECAMATAN
". Disini akan di bahas lengkap.
........ KABUPATEN ................
TAHUN 2011 / 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar