Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terbaru 2015
Cuma 350ribu sampai-500ribu.
Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
Penelitian Tindakan Kelas
atau yang lebih dikenal dengan PTK terdiri dari tiga kata yang memiliki
arti berbeda, yaitu penelitian, tindakan dan kelas. Maksudnya
penelitian yaitu suatu kegiatan untuk mengamati sebuah objek dengan
menggunakan metode tertentu serta mempunyai tujuan untuk mendapatkan
data yang berguna demi mencapai suatu tujuan tertentu.
Sedangkan arti dari tindakan yaitu sesuatu yang dilakukan dengan sengaja
demi mencapai sebuah tujuan. Sementara itu, suatu penelitian tindakan
kelas diartikan sebagai pembelajaran sistematis atas upaya dalam
meningkatkan praktek pendidikan oleh partisipan dengan cara refleksi
serta menggunakan tindakan praktis mereka terhadap pengaruh dari
tindakan tersebut. Lantas untuk konteks pendidikan itu sendiri,
penelitian tindakan kelas bisa juga diartikan sebagai tindakan perbaikan
guru untuk mengorganisasikan suatu pembelajaran dengan sistematik agar
mendapatkan hasil yang tentunya lebih baik. Penelitian tindakan kelas
bisa dilakukan oleh semua tipe maupun level sekolah,, guru kelas baik
itu secara kelompok maupun individu dan bahkan pimpinan sekolah
sekalipun.
Prinsip, Tujuan dan Manfaat Penelitian Tindakan Kelas
Prinsip yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ada beberapa meliputi kegiatan yang nyata untuk situasi rutin, adanya kesadaran untuk memperbaiki kinerja, SWOT yang digunakan sebagai dasar penelitian, upaya sistematik dan empiris dan mengikuti prinsip SMART untuk perencanaan. Pada dasarnya tujuan dari penelitian tindakan kelas yaitu untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas dari pembelajaran dan juga membantu memberdayakan pengajar untuk memecahkan masalah mengenai pembelajaran di sekolah.
Adapun manfaat dari penelitian tindakan kelas tersebut diantaranya adalah :
- Penelitian tindakan kelas bisa memperbaiki kualitas praktek pendidikan, membantu guru maupun pimpinan sekolah untuk meningkatkan kompetensi.
- Penelitian tindakan kelas bisa memberi ruang kepada partisipan pendidikan untuk melakukan penelitian, jadi mereka bisa terus mengembangkan metode yang efektif dalam pembelajaran.
- Penelitian tindakan kelas bisa membantu para guru dalam mengidentifikasi masalah dengan sistematis.
- Penelitian tindakan kelas bisa membangun komunitas dengan berorientasi penelitian pada suatu sekolah tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar