Sabtu, 03 Juni 2017

CONTOH KUMPULAN JUDUL PTK BAHASA INDONESIA SD

CONTOH KUMPULAN JUDUL PTK BAHASA INDONESIA SD

Cuma 350ribu sampai-500ribu. 


Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)

 

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1 Seting Penelitian dan Karakteristik Subjek
Penelitian dilaksanakan di SD Negeri .......... Kecamatan .......... Kabupaten .........., pada siswa kelas II Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2. Jumlah siswa kelas II adalah 30 orang. Sebagian besar siswa merupakan anak dari keluarga sederhana. Berasal dari lingkungan pedesaan yang kurang peduli terhadap pendidikan anak. SD Negeri .......... juga berada di pedesaan yang ketersediaan fasilitas pembelajaran masih kurang memadai. Begitu juga motivasi belajar siswa juga rendah sehingga proses pebelajaran kurang efektif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2013. Disamping siswa kelas II, peneliti juga dibantu guru kelas III sebagai observer.
3.2 Variabel Penelitian
Penelitian ini memuat dua variabel yang menjadi objek penelitian yaitu :
1) Penggunaan alat perga kartu huruf sebagai variabel bebas yang dapat mempengaruhi variabel lain. Download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
2) Kelancaran membaca sebagai variabel terikat yang dipengaruhi oleh variabel bebas.
3.3 Rencana Tindakan
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan guru kelas III SD Negeri .......... Kecamatan .......... Kabupaten ........... Proses penelitian berbentuk siklus yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap 1 siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, setiap pertemuan masing-masing (2x30 menit). contoh proposal ptk bahasa indonesia sd.  Tahapan dari tiap siklus dapat dijabarkan sebagai berikut :
a. Siklus I
Perencanaan (Planning)
- Peneliti mengidentifikasi data dan informasi dari berbagai sumber melalui observasi awal.
- Menyusun Rencana Pembelajaran (RPP)
- Menyiapkan alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran.
- Menyusun alat evaluasi
Tindakan (Action)
- Peneliti melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan permainan kartu huruf sebagai alat peraga. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd kelas 2.
- Inti dari tindakan siklus I ini adalah siswa belajar membaca dengan menggunakan kartu huruf. Guru sebagai pemandu dalam kegiatan ini dan berusaha menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Pertemuan I : Pembelajaran menggunakan kartu huruf secara klasikal untuk mengenal huruf dan cara pelafalannya.
Pertemuan II : Pembelajaran menggunakan kartu huruf dengan cara siswa disuruh maju ke depan kelas merangkai kartu huruf untuk membuat sebuah suku kata.  Download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 word.
Pertemuan III : Siswa diberi tugas merangkai suku kata untuk membuat sebuah kata menggunakan kartu huruf yang sudah disediakan.
Pengamatan (Observasi)
Dalam kegiatan penelitian ini, pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti diamati oleh observer yaitu guru kelas III. Pengamatan meliputi kegiatan sebelum pembelajaran, selama pembelajaran dan sesudah ti ndakan pembelajaran menggunakan lembar observasi.
Evaluasi
Kegiatan evaluasi dilakukan pada setiap pertemuan setelah kegiatan inti dalam proses pembelajaran berupa tes formatif. Kumpulan judul PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2. Tes ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketuntasan atau kelancaran membaca siswa. Juga sebagai bahan pertimbangan untuk proses pembelajaran selanjutnya.
Refleksi (Reflektion)
Refleksi dilakukan untuk memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan proses dan hasil yang telah dilakukan. Menganalisis terhadap temuan¬temuan yang berupa hambatan, kekurangan dan kelemahan yang dijumpai pada siklus I sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun kegiatan pada siklus 2.
b. Siklus 2
Perencanaan (Planning)
- Mengidentifikasi data dan informasi dari hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh observer pada siklus 1. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
- Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
- Menyiapkan alat peraga kartu huruf yang berbeda dengan yang di gunakan pada siklus 1.
- Menyusun alat evaluasi.
Pelaksanaan (Action)
-   Melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun dengan pola pembelajaran yang berbeda dari siklus 1.
- Inti dalam tindakan pada siklus 2 ini adalah siswa melaksanakan proses pembelajaran dengan alat peraga kartu huruf yang berbeda dengan yang digunakan pada pembelajaran siklus 1. contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2.
Pertemuan I : Siswa dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing disuruh
merangkai kata sehingga membentuk sebuah kalimat. 
Pertemuan II : Siswa secara kelompok kecil disuruh membaca kalimat- kalimat yang ada di papan tulis.
Pertemuan III : Secara individu siswa disuruh membaca contoh kalimat di papan tulis.
Pengamatan (Observation)
Pengamatan dilakukan oleh observer yaitu guru kelas III dengan mengamati kegiatan pembelajaran baik sebelum, saat maupun setelah tindakan pada siklus 2 dengan menggunakan lembar observasi. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2 pdf.
Evaluasi
Evaluasi dilakukan setelah kegiatan inti pada setiap kali pertemuan berupa tes formatif. Tujuannya untuk mengetahui kelancaran siswa dalam membaca.
Refleksi (Reflektion)
Refleksi dilakukan untuk memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan proses dan hasil yang telah dilakukan. contoh lengkap proposal ptk bahasa indonesia sd. Menganalisis terhadap temuan-temuan yang berupa hambatan, kekurangan dan kelemahan yang dijumpai pada siklus 2 sebagai bahan pertimbangan untuk pengolahan dan analisis data. 
3.4 Data dan Cara Pengumpulannya
a. Data
Data yang digunakan peneliti diperoleh dari hasil observasi dan nilai tes formatif pada siklus 1 dan siklus 2 yang dilakukan terhadap siswa kelas II semester 2 SD Negeri .......... Kecamatan .......... Kabupaten .......... Tahun Pelajaran 2012/2013.
c. Cara Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah :
1) Observasi
Pedoman observasi yang dilakukan peneliti untuk mengamati seluruh kegiatan yang berlangsung baik kinerja guru maupun aktifitas siswa, mulai dari awal sampai akhir pembelajaran Bahasa Indonesia. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd kelas 2. Tujuan dari observasi ini adalah untuk memperoleh data perilaku siswa sehingga didapatkan hasil perubahan perilaku siswa dalam memperbaiki pembelajaran.
2) Tes
Tes yang dilakukan peneliti berupa tes formatif tertulis. Tes tertulis bertujuan untuk mengetahui peningkatan kekancaran membaca siswa yang berupa soal-soal yang harus dijawab. Tes ini juga digunakan untuk mengukur tingkat krtuntasan belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. download proposal ptk bahasa indonesia sd word lengkap.
3) Dokumentasi (foto-foto kegiatan)
Dokumentasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penelaahan dan pencatatan atau merekam peristiwa dan objek serta aktivitas pemberian jasa yang dianggap berjasa dan penting.
3.5 Indikator Kinerja
Indikator kinerja yang ingin dicapai adalah peningkatan kelancaran membaca siswa yang ditunjukkan dengan 80 % siswa mendapatkan nilai kelancaran membaca >6,5. 
3.6 Analisis Data
Data dalam penelitian ini akan dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan ukuran-ukuran tertentu. Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd kelas 2. Ukuran tersebut adalah skor tes sebelum tindakan dan setelah tindakan baik pada siklus 1 maupun siklus 2. Hasilnya akan dibandingkan dengan indikator kinerja keberhasilan penelitian.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar