Senin, 19 Juni 2017

Proposal PTK "Upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV

Proposal PTK "Upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV

Cuma 350ribu sampai-500ribu. 


Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
     

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
            Dalam kegiatan proses belajar mengajar masih banyak permasalahan yang kita temui sehingga proses belajar mengajar belum bisa berjalan secara efektif. Dan akibatnya proses belajar mengajar tersebut dikatakan tidak berhasil dan tidak mencapai tujuan yang diharapkan sebagai hasil dari pembelajaran. Faktor-faktor yang menyebabkan ketidakberhasilan pembelajaran itu bisa yang disebabkan oleh faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana dan faktor lingkungan.
            Semua guru atau siswa pasti selalu mengharapkan agar setiap proses belajar mengajar dapat mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa dapat memahami setiap materi yang diajarkan , siswapun mengharapkan agar guru dapat menyampaikan atau menjelaskan pelajaran dengan baik, sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Akan tetapi harapan–harapan itu tidak selalu dapat terwujud. Masih banyak siswa yang kurang memahami penjelasan guru. Ada siswa yang nilainya selalu rendah, bahkan ada siswa yang tidak bisa mengerjakan soal atau jika mengerjakan soalpun jawabannya asal–asalan. Semua itu menunjukkan bahwa guru harus selalu mengadakan perbaikan secara terus menerus dalam pembelajarannya, agar masalah–masalah kesulitan belajar siswa dapat diatasi, sehingga  hasil belajar siswa mencapai tujuan yang diharapkan.
            Masalah – masalah yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran tidak muncul begitu saja, tetapi ada faktor–faktor penyebabnya. Apabila guru mampu mengidentifikasi penyebab timbulnya masalah yang dialami oleh siswa , maka guru tersebut akan dapat melakukan penanganan–penanganan yang tepat dalam memecahkan masalah pembelajarannya. Contoh  masalah yang sering muncul dalam pembelajaran yaitu siswa kurang memahami penjelasan guru, siswa tidak mengerti kata, kalimat, bentuk kalimat, yang diucapkan ataupun yang ditulis.  Hal Ini  mungkin  karena  penjelasan  guru tidak  disertai  alat  peraga  atau media pembelajaran atau bahkan tidak sesuai. Dan ada juga guru yang menggunakan media pembelajaran tetapi tidak melibatkan siswa langsung dalam penggunaan media tersebut yang menyebabkan siswa kurang aktif bahkan cenderung pasif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa  dan siswa tidak akan menyerap pembelajaran tersebut.
Sejujurnya penggunaan media untuk pembelajaran IPA di SD jarang bahkan hampir tidak pernah digunakan oleh guru-guru SD, padahal media itu ada. Akhirnya alat peraga itu hanya jadi pajangan kantor  atau tersimpan rapi di lemari. Salah satu alternative yang ditempuh oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan menggunakan media yang sederhana yaitu media visual (gambar) dalam proses belajar mengajar. Dengan pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPA dapat mempengaruhi proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dalam segala aktivitas belajar. Melalui penggunaan media visual (gambar) anak dapat belajar lebih aktif. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 040449 pada hasil belajar siswa kelas IV khususnya pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam, peneliti masih melihar hasil belajar siswa masih rendah belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Dan hasil belajar yang dimaksud disini adalah nilai tes yang diberikan guru kepada siswa setelah pembelajaran selesai. Selain itu pembelajaran yang dilakukan sangat monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran sehingga siswa tidak aktif bahkan cenderung pasif pada saat kegiatan pemeblajaran. Oleh karena itu pada tugas PTK ini saya mengangkat tema  
1.2    Identifikasi Masalah
            Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, dapat diidentifikasi masalah yang terdapat di SD Negeri 040449 Kabanjahe sebagai berikut:
1.      Hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe rendah khususnya mata pelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014/2015
2.      Siswa kurang menguasai materi pelajaran, sehingga tingkat keberhasilan siswa juga rendah
3.      Siswa kurang aktif dan cenderung pasif saat proses pembelajaran
4.      Tidak adanya media yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar
1.3    Batasan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang dan identifikasi masalah di atas, perlu dilakukan pembatasan masalah agar penelitian ini lebih terarah dan terfokus pada masalah yang akan diteliti. Oleh karena itu masalah penelitian ini dibatasi pada upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe dengan menggunakan media gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam  Tahun Pelajaran 2014/2015.
1.4 Rumusan Masalah
            Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut :
1.        Apakah keaktifan siswa mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014 / 2015?
2.        Apakah penggunaan media gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2014 / 2015?
1.5 Tujuan Penelitian
            Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1.        Untuk mengetahui apakah keaktifan siswa mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014 / 2015
2.        Untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2014 / 2015
1.6 Manfaat Penelitian
1.      Manfaat bagi sekolah
       Dengan hasil penelitian diharapkan SD Negeri 040449 Kabanjahe dapat lebih meningkatkan penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar, tidak hanya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, tetapi dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya.
2.      Manfaat bagi guru
       Sebagai bahan masukan yang berharga bagi guru dalam meingkatkan mutu pembelajaran dikelasnya dengan menggunakan media dalam kegiatan proses belajar mengajar.
3.      Manfaat bagi siswa
a.       Meningkatkan minat belajar siswa
b.      Mencegah verbalisme (pengertian dengan kata belaka)
c.       Memberikan pengalaman yang nyata dan langsung
d.   Meningkatkan hasil belajar siswa
e.   Siswa dapat menguasai materi pelajaran

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar