Proposal PTK "Upaya meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas IV
Cuma 350ribu sampai-500ribu.
Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Dalam kegiatan proses belajar
mengajar masih banyak permasalahan yang kita temui sehingga proses belajar
mengajar belum bisa berjalan secara efektif. Dan akibatnya proses belajar
mengajar tersebut dikatakan tidak berhasil dan tidak mencapai tujuan yang diharapkan
sebagai hasil dari pembelajaran. Faktor-faktor yang menyebabkan
ketidakberhasilan pembelajaran itu bisa yang disebabkan oleh faktor guru,
faktor siswa, faktor sarana dan prasarana dan faktor lingkungan.
Semua guru
atau siswa pasti selalu mengharapkan agar setiap proses belajar mengajar dapat
mencapai hasil belajar yang sebaik-baiknya. Guru mengharapkan agar siswa dapat
memahami setiap materi yang diajarkan , siswapun mengharapkan agar guru dapat
menyampaikan atau menjelaskan pelajaran dengan baik, sehingga memperoleh hasil
belajar yang memuaskan. Akan tetapi harapan–harapan itu tidak selalu dapat
terwujud. Masih banyak siswa yang kurang memahami penjelasan guru. Ada siswa
yang nilainya selalu rendah, bahkan ada siswa yang tidak bisa mengerjakan soal
atau jika mengerjakan soalpun jawabannya asal–asalan. Semua itu menunjukkan
bahwa guru harus selalu mengadakan perbaikan secara terus menerus dalam
pembelajarannya, agar masalah–masalah kesulitan belajar siswa dapat diatasi,
sehingga hasil belajar siswa mencapai tujuan yang diharapkan.
Masalah – masalah yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran tidak muncul
begitu saja, tetapi ada faktor–faktor penyebabnya. Apabila guru mampu
mengidentifikasi penyebab timbulnya masalah yang dialami oleh siswa , maka guru
tersebut akan dapat melakukan penanganan–penanganan yang tepat dalam memecahkan
masalah pembelajarannya. Contoh masalah yang sering muncul dalam
pembelajaran yaitu siswa kurang memahami penjelasan guru, siswa tidak mengerti
kata, kalimat, bentuk kalimat, yang diucapkan ataupun yang ditulis. Hal
Ini mungkin karena penjelasan guru tidak
disertai alat peraga atau media pembelajaran atau bahkan
tidak sesuai. Dan ada juga guru yang menggunakan media pembelajaran tetapi
tidak melibatkan siswa langsung dalam penggunaan media tersebut yang
menyebabkan siswa kurang aktif bahkan cenderung pasif dalam pembelajaran
sehingga pembelajaran tidak menyenangkan bagi siswa dan siswa tidak akan menyerap pembelajaran
tersebut.
Sejujurnya
penggunaan media untuk pembelajaran IPA di SD jarang bahkan hampir tidak pernah
digunakan oleh guru-guru SD, padahal media itu ada. Akhirnya alat peraga itu
hanya jadi pajangan kantor atau tersimpan rapi di lemari. Salah satu alternative yang ditempuh
oleh seorang guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan
menggunakan media yang sederhana yaitu media visual (gambar) dalam proses
belajar mengajar. Dengan pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada
pembelajaran IPA dapat mempengaruhi proses belajar mengajar menjadi lebih
efektif dalam segala aktivitas belajar. Melalui penggunaan media visual
(gambar) anak dapat belajar lebih aktif. Berdasarkan observasi yang
dilakukan oleh peneliti di SD Negeri 040449 pada hasil belajar siswa kelas IV
khususnya pada pembelajaran IPA materi sumber daya alam, peneliti masih melihar
hasil belajar siswa masih rendah belum mencapai ketuntasan minimal yang telah
ditentukan. Dan hasil belajar yang dimaksud disini adalah nilai tes yang
diberikan guru kepada siswa setelah pembelajaran selesai. Selain itu pembelajaran
yang dilakukan sangat monoton dengan hanya menggunakan metode ceramah tanpa
menggunakan media sebagai penunjang pembelajaran sehingga siswa tidak aktif
bahkan cenderung pasif pada saat kegiatan pemeblajaran. Oleh karena itu pada
tugas PTK ini saya mengangkat tema “
1.2
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang
masalah diatas, dapat diidentifikasi masalah yang terdapat di SD Negeri 040449 Kabanjahe sebagai
berikut:
1. Hasil
belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449
Kabanjahe rendah khususnya mata pelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun
Pelajaran 2014/2015
2. Siswa
kurang menguasai materi pelajaran, sehingga tingkat keberhasilan siswa juga
rendah
3. Siswa
kurang aktif dan cenderung pasif saat proses pembelajaran
4. Tidak
adanya media yang digunakan oleh guru saat proses belajar mengajar
1.3 Batasan Masalah
Berdasarkan uraian pada
latar belakang dan identifikasi masalah di atas, perlu dilakukan pembatasan
masalah agar penelitian ini lebih terarah dan terfokus pada masalah yang akan
diteliti. Oleh karena itu masalah penelitian ini
dibatasi pada upaya meningkatkan hasil belajar dan
keaktifan siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe dengan menggunakan media
gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014/2015.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah
di atas, maka rumusan masalah pada penelitian
ini sebagai berikut :
1.
Apakah keaktifan siswa
mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe dalam
pembelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014 / 2015?
2.
Apakah penggunaan media
gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2014 / 2015?
1.5
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah :
1.
Untuk mengetahui apakah
keaktifan siswa mempengaruhi hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449
Kabanjahe dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam Tahun Pelajaran 2014 /
2015
2.
Untuk mengetahui apakah
penggunaan media gambar dalam pelajaran IPA materi sumber daya alam dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040449 Kabanjahe Tahun
Pelajaran 2014 / 2015
1.6 Manfaat Penelitian
1.
Manfaat bagi sekolah
Dengan hasil
penelitian diharapkan SD Negeri 040449 Kabanjahe dapat lebih meningkatkan
penggunaan media gambar dalam proses belajar mengajar, tidak hanya pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, tetapi dapat diterapkan pada mata pelajaran
lainnya.
2.
Manfaat bagi guru
Sebagai bahan
masukan yang berharga bagi guru dalam meingkatkan mutu pembelajaran dikelasnya
dengan menggunakan media dalam kegiatan proses belajar mengajar.
3.
Manfaat bagi siswa
a.
Meningkatkan minat belajar siswa
b. Mencegah verbalisme (pengertian
dengan kata belaka)
c.
Memberikan pengalaman yang nyata dan
langsung
d. Meningkatkan hasil belajar siswa
e. Siswa dapat menguasai materi pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar