PTK BAHASA INDONESIA SD KELAS 2
Cuma 350ribu sampai-500ribu.
Hubungi Kami di 081222940294 (SMS/WA)
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Kajian Teori
2.1.1 Hakikat Membaca
Menurut Vacca (1991 : 172) membaca adalah proses aktif dari pikiran yang
dilakukan melalui mata terhadap bacaan. Dalam kegiatan membaca, pembaca
memproses informasi dari teks yang dibaca untuk memperoleh makna.
Membaca merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan sehari-hari,
karena membaca tidak hanya untuk memperoleh informasi tetapi berfungsi
sebagai alat untuk memperluas pengetahuan bahasa seseorang. Download ptk
kelas 2 sd lengkap. Menurut Hairis dan Sipay (1980 : 8) hakikat membaca
adalah sebagai suatu kegiatan yang memberikan respon makna secara tapat
terhadap lambang verbal yang tercetak atau tertulis. Pemahaman atau
makna dalam membaca lahir dari interaksi antara persepsi terhadap simbol
grafis dan ketrampilan bahasa serta pengetahuan pembaca. Dalam
interaksi ini, pembaca berusaha menciptakan kembali makna yang ingin
disampaikan oleh penulis dan tulisannya. Dalam proses membaca itu
pembaca mencoba mengkreasikan apa yang dimaksud oleh penulis.
Gibbson (1993 : 70-71) mendefinisikan membaca sebagai proses memperoleh
makna dari cetakan. Kegiatan membaca bukan sekedar aktifitas yang
bersifat reseptif saja melainkan menghendaki pembentuk aktif berfikir.
Untuk memperoleh makna dari teks, pembaca harus menyertakan latar
belakang “bidang” pengetahuannya, topik, dan pemahaman terhadap sistem
bahasa itu sendiri. Tanpa hal-hal tersebut selembar teks tidak berarti
apa-apa bagi pembaca. contoh ptk bahasa indonesia sd kls 2. Sementara
itu Wilson dan Peters (dalam Cleary, 1993 : 284) mengatakan bahwa
membaca merupakan suatu proses menyusun makna melalui interaksi dinamis
diantara pengetahuan pembaca yang telah ada, informasi yang telah
dinyatakan oleh bahasa tulis, dan konteks situasi pembaca.
2.1.2 Membaca Lancar.
Membaca lancar biasa disebut membaca yeknik. Dalam membaca harus
memperhatikan cara/teknik membaca yang meliputi: artikulasi, intonasi,
tanda baca, kecepatan mata yang tinggi dan pandangan mata yang jauh
(Arisandi). Download ptk bahasa indonesia sd kelas 2 pdf.
2.1.3 Pola Bermain
Menurut Piaget dalam Elizabet B. Harlock (1995 :320) mengatakan bahwa
pola bermain adalah suatu model atau bentuk permainan yang digunakan
oleh guru untuk memberikan bimbingan belajar pada siswa.
2.1.4 Alat Peraga ( Media Pembelajaran )
Pemanfaatan alat peraga akan menghindari verbalisme. Menurut Aristo
Rahardi (2003) mengatakan bahwa alat peraga adalah alat (benda) yang
digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur
tertentu agar tampak lebih nyata / konkrit. Sementara itu WJS
Poerwodaminto (Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1985 : 734) menyatakan bahwa
alat adalah sesuatu barang yang dipakai untuk mencapai suatu yang
dimaksud / syarat. contoh proposal ptk bahasa indonesia sd kelas 2.
Sedangkan peraga adalah alat untuk memperlihatkan pelajaran.
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga
proses belajar terjadi. Media pembelajaran memegang peranan penting
sebagai alat bantu untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Download laporan ptk bahasa indonesia sd pdf.
a. Fungsi Media
1) Penggunaan media untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif.
2) Penggunaan media dalam proses pembelajaran lebih menarik siswa.
3) Penggunaan
media menyebabkan hasil pembelajaran yang dicapai lebih tahan lama
diingat siswa, sehingga pelajaran mempunyai nilai tinggi.
b. Jenis-jenis Media Pembelajaran
1) Bagan
Bagan adalah gambaran dari sesuatu yang dibuat dari garis dan gambar.
Bagan bertujuan untuk memperlihatkan hubungan perkembangan,
perbandingan, dan lain-lain. Contoh PTK Bahasa Indonesia SD Kelas 2.
2) Grafik
Grafik adalah penggambaran data berangka, bertitik, bergaris, atau
bergambar yang memperlihatkan hubungan timbal balik informasi secara
statisti k.
3) Gambar/Foto
Sejumlah gambar, foto, lukisan baik dari majalah, buku, koran atau sumber lain yang digunakan sebagai media.
4) Peta/Globe
Peta atau globe berfungsi untuk menyajikan data-data lokasi serta tempat
untuk menemutunjukkan letak negara-negara di dunia. Contoh lengkap ptk
bahasa indonesia sd kelas 2.
5) Diagram
Diagram adalah suatu gambar yang menggunakan garis-garis simbol, diagram atau skema. Isi diagram biasanya berupa petunjuk.
2.1.5 Kartu Huruf
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia ; 234 dikatakan bahwa kartu huruf
adalah kertas yang tidak seberapa besar bertuliskan huruf, jika disusun
dapat membentuk kata yang bermakna yang dapat membantu mengeja dalam
membaca. Sedangkan Cucu Zakariyya (2010) mengatakan bahwa kartu huruf
adalah abjad-abjad yang dituliskan pada potongan-potongan suatu media (
kertas, karton, triplek ). Potongan-potongan itu dapat dipindah-pindah
sesuai keinginan.
Dalam pembelajara Bahasa Indonesia, kartu huruf digunakan dengan tujuan:
a. Agar dapat siswa melihat bentuk huruf dan melafalkannya dengan benar.
b. Siswa dapat merangkai huruf menjadi suku kata dan melafalkannya dengan benar.
c. Siswa dapat merangkai suku kata menjadi kata dan melafalkannya dengan benar.
d. Siswa dapat merangkai kata menjadi kalimat dan melafalkannya dengan benar.
e. Siswa dapat mermbaca kalimatyang di bentuk dengan kartu huruf dengan intonasi yang benar. download ptk kelas 2 sd lengkap doc terbaru.
f. Siswa dapat mermbaca kalimatyang di bentuk dengan kartu huruf dengan ekspresi yang benar.
2.1.6 Keaktifan
Keaktifan belajar siswa adalah kegiatan yang bersifat fisik/mental,
yaitu berbuat dan berpikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat
dipisahkan (Sardiman, 2001:98). Keaktifan yang di ukur dalam penelitian
ini meliputi 4 kriteria dengan masing-masing indikator sebagai berikut:
No Indikator Tidak Aktif Kurang Aktif Aktif Sangat Aktif
2.1.7 Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif
Untuk mengatasi kelancaran membaca pada pembelajaran Bahasa I ndonesia,
penulis menempuh langkah-langkah sebagai berikut : contoh proposal ptk
bahasa indonesia sd.
1) Penyampaian Materi
Piaget (dalam Syamsudin A. dan Budiman H. 2008 : 16) mengisyaratkan
bahwa kemampuan berfikir anak dengan orang dewasa itu berbeda.
Implikasinya berarti bahwa urutan bahan pembelajaran dan metode
pembelajaran harus menjadi perhatian utama. Guru harus mampu
menyampaikan informasi dengan tepat sehingga informasi dapat dipahami
oleh siswa. Contoh Judul PTK Bahasa Indonesia SD. Gaya penyajian yang
digunakan guru dalam membahas materi pelajaran berpengaruh terhadap
prhatian siswa. Berkenaan dengan itu, materi pelajaran hendaknya
disampaikan dengan cara yang menarik sehingga rasa ingin tahu siswa
terhadap materi pelajaran meningkat (Slavin, 1991).
2) Penggunaan Bahasa
Menurut Howart Gardner (dalam Suciati dkk, 2005) menyatakan bahwa
Inteligensia Bahasa mencakup kemampuan berpikir dengan kata-kata seperti
kemampuan untuk memahami dan merangkai kata baik lisan maupun tertulis.
3) Penggunaan Metode
Penerapan metode yang dipilih dalam pembelajaran haruslah bertumpu pada 2
hal yaitu : optimalisasi interaksi antar semua unsur dengan proses
belajar serta optimalisasi keterl ibatan sel uruh indera siswa (Depdi
kbud: 1997). Contoh lengkap ptk bahasa indonesia sd. Metode mengajar
adalah cara yang digunakan pengajar untuk menyampaikan materi pelajaran
kepada siswa. Pemilihan metode mengajar ditentukan oleh tujuan
pembelajaran, materi pelajaran, sarana yang tersedia yang dapat
digunakan siswa.
4)Pemanfaatan Alat Peraga
Alat peraga digunakan oleh pengajar dalam proses pembelajaran bertujuan
untuk mengurangi verbalisme siswa. Penggunaan alat peraga secara
bervariasi dapat menimbulkan semangat belajar siswa menjadi meningkat
sehingga siswa merasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran. download ptk kelas 2 sd word.
2.2 Kerangka Pikir
Penelitian ini direncanakan dengan melibatkan guru dan siswa untuk
meningkatkan kelancaran membaca dan keaktifan siswa dengan alat peraga
kartu huruf. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. contoh
proposal ptk bahasa indonesia sd. Artinya setelah siklus 1 selesai,
kemudian di evaluasi dan apabila hasilnya belum memenuhi KKM maka
dilakukan siklus 2.
Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian sebagai kerangka berpikir penelitian:
1) Pengenalan
huruf dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat membantu
siswa meningkatkan kelancaran cara mengenali kartu huruf dan pelafalan
huruf.
2) Pengenalan
suku kata dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Contoh PTK Bahasa
Indonesia SD Kelas 2. Hal ini dapat membantu siswa meningkatkan
kelancaran membaca suku kata. Siswa dapat merangkai suku kata dan
melafalkannya dengan benar.
3) Pengenalan
kata dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat membantu
siswa meningkatkan kelancaran membaca kata. Siswa dapat merangkai kata
dan melafalkannya dengan benar. contoh lengkap proposal ptk bahasa
indonesia sd.
4) Pengenalan
kalimat dilakukan dengan menggunakan kartu huruf. Hal ini dapat
membantu siswa meningkatkan kelancaran membaca kalimat. Siswa dapat
merangkai kalimat dan melafalkannya dengan benar.
Dengan dapat melafalkan huruf, suku kata, dan kalimat dengan benar
menggunakan kartu huruf, maka siswa dapat lancar dalam membaca. Download Judul PTK Bahasa Indonesia SD word terbaru
2.3 Hipotesis Tindakan
Berdasarkan rumusan masalah penelitian, tinjauan pustaka dan kerangka
pikir di atas, maka dapat diturunkan hipotesis tindakan sebagai berikut :
download proposal ptk bahasa indonesia sd.
Dengan menggunakan alat peraga kartu huruf dapat meningkatkan kelancaran
membaca siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas II semester 2 SD
Negeri ............... Kecamatan ............... Kabupaten
............... Tahun Pelajaran 2012/2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar