PTK SMA: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
Pembelajaran dikatakan berhasil ketika siswa dapat memahami apa yang
telah diterimanya. Penggunaan model pembelajaran tidak hanya membantu
guru dalam mengajar tetapi juga memudahkan siswa dalam memahami materi
yang dipelajari. Hasil observasi awal di SMA Negeri 2 diperoleh
data bahwa siswa kelas XI IPS 2 masih memiliki masalah dengan aktivitas
dan hasil belajar untuk mata pelajaran sejarah. Ketuntasan belajar
siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 sebelum dilakukan penelitian
sebesar 32,5%, sehingga aktivitas belajar siswa masih rendah.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penerapan model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah dapat kelas XI IPS 2 SMA . Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri , subjek
penelitian adalah kelas XI IPS 2 yang berjumlah 40 siswa yang akan
diteliti aktivitas dan hasil belajar melalui model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan
terdiri dari dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan guru,
dan soal tes evaluasi. download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar