Jumat, 07 Juli 2017

Pengertian Penelitian Dalam Tindakan Kelas

Pengertian Penelitian Dalam Tindakan Kelas

Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)





Salah satu cara untuk dapat menemukan solusi atas permasalahan di kelas adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK terdiri atas tiga kata yakni penelitiantindakan dan kelas. Lalu apa pengertian dari penelitian tindakan kelas?
Ketiga kata dari rangkaian PTK dapat diartikan sebagai berikut:
  • Penelitian. Kegiatan mencermati suatu obyek dengan menggunakan aturan metodologi tertentu, tujuannya untuk mendapatkan data dan informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.
  • Tindakan. Sesuatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam PTK berbentuk rangkaian siklus kegiatan.
  • Kelas. Sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru. Dalam penelitian PTK kelas bukan “ruangan tempat guru mengajar” tetapi sekelompok peserta didik yang sedang belajar.


Berdasarkan ketiga pengertian kata tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas (Prof. DR. Suharsimi Arikunto). Tentunya kegiatan yang dimaksud adalah akibat dari permasalahan yang timbul di dalam kelas yang telah mempengaruhi hasil belajar siswa.


Dalam penelitian tindakan kelas, guru biasanya bertindak sebagai peneliti karena guru mengerti dan memahami betul perkembangan dan karakteristik belajar peserta didiknya, selain itu, sepanjang kegiatan penelitian berlangsung, pembelajaran akan tetap berjalan sebagaimana biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar