CONTOH PTK SMA SEJARAH
Pusing Menyusun Administrasi Pembelajaran?
disini Solusinya 081222940294 (SMS / WA)
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan
metode kerja kelompok tersebut seharusnya bisa dihindari “jika saja
guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan
dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode
pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran cooperative learning bisa
didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang
termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok (Johnson &
Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab
individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses
kelompok.
Penelitian inu berdasarkan permasalahan:
(a) Apakah pembelajaran kooperatif model STAD berpengaruh terhadap hasil
belajar sejarah? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi
pelajaran sejarah dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif
model STAD?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a)
Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap
basil belajar sejarah. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan
penguasaan mata pelajaran Sejarah setelah diterapkannya pembelajaran
kooperatif model STAD.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak
tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan,
kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini
adalah siswa Kelas ………………………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes
formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis
didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dan siklus
1 sampai siklus III yaitu, siklus 1 (60,71%), siklus TT (75,000/o), siklus III (89,29%).
Simpulan dari penelitian
mi adalah metode kooperatif model STAD dapat berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar Siswa. …………………………., serta model pembelajaran
ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative sejarah.
DAFTAR PUSTAKA
AH, Muhammad. 1996. Gum Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Arikunto, Suharsimi. 1989. Penilaian Program Pendidikan. Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dayan, Ante. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif. Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Kkonomi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineksa Cipta. Foster, Bob. 1999. Seribii Pena SLTP Kelas /.Jakarta: Erlangga.
Hadi, Sutrisno. 1981. Metodologi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 1998. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
Mursell, James (-). Succesftdl Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.
Poerwodarminto. 1991. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Bina Ilmu. Rustiyah, N.KL. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Sardiman, A.M. 1996. interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model Pembelajaran. Jakart PAU-PPA1, Universitas Terbuka.
Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryosubroto, b. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Snafu Pendekatan Bam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Gum Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wetherington. H.C. and W.II. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar: (terjemahan) Bandung: Jemmars.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar